Bilangan desimal (decimal) merupakan bilangan berbasis 10. Yang termasuk bilangan desimal adalah 0, 1, 2, 3,4… , 8, 9.  Setiap digit dalam sebuah bilangan dalam basis 10 dapat memiliki besaran tertentu dalam basis 10.

Untuk melakukan konversi dari bilangan desimal ke basis bilangan lainnya, misal basis n, adalah dengan membagi bilangan tersebut dengan n secara berulang sampai bilangan bulat hasil bagi nya sama dengan nol. Lalu sisa hasil bagi dari setiap iterasi ditulis dari terakhir (bawah) hingga ke awal (atas). Untuk lebih jelasnya lihat contoh konversi desimal ke basis lainnya pada penjelasan berikutnya.

Cara konversi bilangan desimal ke octal ke basis bilangan yang lain seperti biner, oktal dan hexadecimal adalah dengan membagi bilangan desimal dengan basis bilangan tersebut secara berulang sampai bilangan bulat hasil bagi nya sama dengan nol. Hasil konversi adalah urutan sisa bagi dari yang paling akhir hingga paling awal. Contoh lihat gambar:

Contoh Konversi Bilangan Desimal ke Oktal

Konversi Bilangan Desimal ke Oktal

Dalam aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excell, sudah disedikan fungsi untuk konversi dari Desimal ke Binari, Oktal dan Hexadesimal.

Berikut formula di Microsoft Excell  untuk konversi bilangan Desimal.

Konversi Bilangan Desimal ke Binari

=DEC2BIN (78), akan menghasilkan 1001110

Konversi Bilangan Desimal ke Oktal

=DEC2OCT(78), akan menghasilkan 116

Konversi Bilangan Desimal ke Hexadesimal

=DEC2HEX(78), akan menghasilkan 4E


Komentar via Facebook tentang Konversi Bilangan Desimal ke Binari, Oktal dan Hexadesimal dengan Excell

Komentar tentang Konversi Bilangan Desimal ke Binari, Oktal dan Hexadesimal dengan Excell

  • Silahkan tulis saran, komentar dan pertanyaan dibawah!

    Your email address will not be published. Required fields are marked *