Dominasi kaum pria di dunia Programmer mengundang perhatian dari CEO Twitter Dick Costolo.  Twitter berupaya meningkatkan peran dan jumlah perempuan yang berkarir di bidang teknologi. Bos Twitter berencana akan beri beasiswa mahasiswi komputer di Indonesia

Salah satu upaya ini dilakukan di Indonesia, di mana perusahaan layanan microblogging itu bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) dalam menyediakan beasiswa untuk mahasiswi yang kurang mampu atau memiliki prestasi akademik cemerlang.

“Kami ingin menambah jumlah programer perempuan,” kata CEOTwitter Dick Costolo dalam acara media di Jakarta, Kamis (26/3/2015). “Sebab itulah kami bermitra dengan UI untuk membiayai pendidikan bagi mahasiswi.”

Bertajuk #Twitter4WaniTek, program tersebut adalah beasiswa pertama Twitter di dunia yang didesain untuk mendorong lebih banyak perempuan Indonesia ke dalam dunia teknologi dan informasi.

Dalam program ini, Twitter membiayai pendidikan dan biaya hidup lima orang mahasiswi S1 Fasilkom selama tiga tahun mulai tahun kedua.

Senada dengan Costolo, dekan Fasilkom UI Mirna Adriani mengatakan pihaknya ingin mendorong agar bidang IT tak hanya digeluti oleh pria, namun juga kaum hawa. “Mungkin nantinya ide-ide yang akan mengemuka dari kaum wanita ini bisa berbeda dari rekan mereka yang berjenis kelamin pria,” ujar Mirna.

Dia mengakui bahwa selama ini dunia TI memang kurang diminati oleh perempuan. Hal tersebut, menurutnya, bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga di luar negeri.

“Sewaktu saya studi S3 di luar saja (University of Glasgow), dari 10 mahasiswa, yang perempuan cuma saya sendiri,” katanya. “Kami ingin agar lebih berimbang proporsinya antara pria dan wanita. Mudah-mudahan nanti bidang TI akan lebih diminati oleh kaum wanita.”

Sumber : Tribunnews


Komentar via Facebook tentang Bos Twitter Beri Beasiswa Mahasiswi Komputer di Indonesia

Komentar tentang Bos Twitter Beri Beasiswa Mahasiswi Komputer di Indonesia

  • Silahkan tulis saran, komentar dan pertanyaan dibawah!

    Your email address will not be published. Required fields are marked *