Mungki sebagian dari kita kurang begitu mengenal nama-nama seperti Charles Herzfeld, Raymond Tomlinson, ataupun Robert Cailliau. Beda halnya kalau nama beken semacam Tim Berners-Lee dan Linus Torvalds hampir semua pengguna internet sudah familiar dan bukan hal asing lagi.

Seperti halnya Tim Berners-Lee dan Linus Torvalds, Charles Herzfeld, Raymond Tomlinson, ataupun Robert Cailliau adalah tokoh internet yang kurang dikenal tetapi masuk dalam Internet hall of fame, sebuah ajang penghargaan bagi mereka yang berperan dalam perkembangan internet. Walau kurang familiar, tetapi kontribusi mereka sangat besar sehingga kita berselancar di dunia maya sekarang ini.

Berikut beberapa Tokoh Internet yang Kurang Dikenal:

  1. Charles Herzfeld, adalah direktur di DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) pada era 1960-an. Dia adalah orang yang membuat keputusan untuk menciptakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), cikal bakal dari internet yang kita kenal sekarang ini.
  2. Raymond Tomlinson, adalah orang yang pertama kali mengimplementasikan sistem email di ARPANET pada tahun 1971. Dia juga memilih tanda “@” pada email, untuk menghubungkan nama pengguna dengan domain email.
  3. Robert Cailliau, adalah orang di belakang layar WWW. Selama ini, orang hanya mengenal Tim Berners-Lee sebagai pencipta WWW. Padahal, peran Cailliau tak kalah penting. Selain ikut menulis proposal untuk membiayai pengembangan WWW, Cailliau juga merancang logo WWW. Dia pun mengembangkan salah satu browser pertama untuk Mac OS.
  4. J.C.R. Licklider, adalah mantan orang penting di DARPA. Dia adalah salah satu orang yang memprediksi bahwa sistem jaringan seperti internet akan menghubungkan umat manusia dengan komputer-komputer di seluruh dunia.
  5. Donald Davis, adalah salah seorang penemu packet switching, teknologi dasar dalam pengembangan internet modern.
  6. Philip Zimmermann, adalah orang yang menciptakan PGP (Pretty Good Privacy) pada tahun 1991. PGP adalah sebuah metode enkripsi digital untuk mengamankan komunikasi data melalui email.
  7. Mitchell Baker, adalah Ketua Mozilla Foundation. Mantan CEO Mozilla Corporation ini berperan penting dalam pengembangan proyek Mozilla serta dalam proses pengesahan aplikasi-aplikasi internet berbasis open-source.
  8. Brewster Kahle, mengembangkan WAIS (Wide Area Information System) pada tahun 1989. WAIS adalah sistem publishing pertama di internet, sekaligus program pertama yang bisa membuat indeks data berukuran besar. Kahle juga mendirikan Internet Archive (www.archive.org), sebuah perpustakaan digital yang bersifat non-profit, pada tahun 1996. Melalui Internet Archive, para pengguna internet bisa mengakses jutaan halaman web, buku, film, dan musik secara gratis.

Sumber : Kompas Tekno

 


Komentar via Facebook tentang Tokoh Internet yang Kurang Dikenal

Komentar tentang Tokoh Internet yang Kurang Dikenal

Silahkan tulis saran, komentar dan pertanyaan dibawah!

Your email address will not be published. Required fields are marked *